Berita

Cerita Ahmad Mokambu, Warga Gorontalo yang Dapat Keajaiban usai Vaksinasi Covid-19

Jumat, 30 Juli 2021 - 17:02
Cerita Ahmad Mokambu, Warga Gorontalo yang Dapat Keajaiban usai Vaksinasi Covid-19 Ahmad Mokambu warga Desa Toluwaya, Kecamatan Bulango Timur, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo yang mendapatkan keajaiban usai melakukan vaksin (Foto: Hidayat/Istimewa)

TIMES GORONTALO, GORONTALO – Ahmad Mokambu cukup kaget. Tangan kanannya yang sudah sulit bergerak, tiba-tiba bisa digunakan lagi. Rasa sakit yang dideritanya sejak kurang lebih 1 bulan, langsung hilang. Semua karena ia mengikuti vaksinasi Covid-19 oleh Pemerintah Pusat.

"Saya kaget, tangan kanan saya yang sakit ini, langsung bisa digerakkan, setelah saya mengikuti vaksin," kata Ahmad Mokambu kepada TIMES Indonesia, Jum'at, (30/7/2021) 

Lelaki berumur 58 tahun ini memang sebelumnya menderita sakit di tangan kanannya. Tangannya itu, sangat sulit digerakkan. Jika digerakkan, dirinya pasti akan merasakan rasa sakit yang luar biasa.

Ahmad Mokambu 2Ahmad Mokambu saat memperlihatkan kartu vaksinasi yang diberikan oleh Puskermas yang tak jauh dari rumahnya (Foto: Hidayat/Istimewa)

"Tangan kanan saya ini, sebelumnya sulit diangkat. Sedangkan pakai pakaian saja, saya harus dibantu istri saya. Saya cukup menderita saat di posisi itu," ujarnya

Lelaki warga Desa Toluwaya, Kecamatan Bulango Timur, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo ini, merasakan sakit itu memang bukan tanpa sebab. Sakit itu diakibatkan pekerjaannya yang merupakan pedagang kue sabongi. 

Kue sabongi merupakan salah satu kue yang juga menjadi pilihan cemilan khas masyarakat. khususnya Gorontalo. Kue ini juga dikenal sebagai salah satu kue kesukaan raja-raja di Gorontalo.

Namun, saat membuat kue sabongi ini, Ahmad Mokambu harus memarut singkong yang menjadi bahan dasar dari kue ini, hingga larut malam. Hal tersebut yang dilakukannya sejak 2015.

"Saya itu kalau memarut singkong dari setelah sholat isya, sampai jam 2 malam. Setelah itu langsung tidur, dan bangun kembali jam 4. Ada sekitar dua jam yang gunakan untuk tidur," ucapnya

Hal itu yang membuat tangan kanannya menjadi sakit, bahkan sulit digerakkan. "Memarut singkong itu yang paling sering saya lakukan, apalagi sampai tengah malam, jadi tangan saya sakit dan sulit digerakkan," jelasnya

Namun, kurang lebih 1 bulan merasakan sakit, dirinya bisa bernafas legah. Tangannya bisa digerakkan lagi, usai melakukan vaksinasi di Puskesmas terdekat.

"Saya mendapatkan undangan dari desa untuk mengikuti vaksin, jadi saya langsung datang ke Puskesmas. Akhirnya, tangan saya yang sakit itu bisa bergerak lagi. Rasa sakit pun hilang," ungkapnya

Kejadian itu terjadi pada Maret 2021 lalu, dan hal itu buatnya, merupakan keajaiban. Ia mengatakan, vaksin itu diketahuinya hanya untuk menangkal virus Covid-19. Tapi, tangannya yang seakan tak bisa digunakan itu, bisa kembali normal dan bisa digerakkan seperti biasa. 

"Ini seperti keajaiban, tangan saya bisa sembuh kembali. Hanya selang waktu 30 menit usai mengikuti vaksin, tangan saya tiba-tiba bisa bergerak dan rasa sakitnya hilang," tuturnya

Padahal, ia sudah memasuki usia lanjut. Bahkan tekanan darahnya mencapai 200. Alih-alih menimbulkan efek buruk, dirinya malah merasakan keajaiban. Tangannya yang sudah tidak bisa digunakan untuk memarut singkong, akhirnya bisa berfungsi lagi. 

"Hanya dengan tangan ini, saya bisa menafkahi keluarga saya. Jadi saya sangat bersyukur dengan adanya vaksin ini dapat menyembuhkan tangan saya," ucapnya

Dengan kejadian itu, dirinya mensosialisasikan vaksin tersebut kepada masyarakat. Ia meminta masyarakat dapat mengikuti vaksinasi tersebut agar dapat menekan penyebaran virus corona. 

"Vaksin ini sangat baik, contohnya saya. Tangan saya yang awalnya sangat sakit dan sudah sulit digunakan, bisa berfungsi kembali saya mengikuti vaksinasi Covid-19 ini," tutup Ahmad Mokambu. (*)

Pewarta : Sarjan Lahay
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Gorontalo just now

Welcome to TIMES Gorontalo

TIMES Gorontalo is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.